Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MERUBAH JENIS KERTAS UNTUK MENGETIK DI MICROSOFT WORD TAHAP 2

Setelah kemarin sudah kita bahas tentang bagaimana cara merubah / setting ukuran kertas tahab 1, ada pertanyaan dari seorang teman, “ saya lihat di sampul kertas F4 yang saya beli kok ukuranya lebar 21,5 cm dan panjang nya 33 cm, padahal ketika saya memilih ukuran kertas letter di Microsoft word angka yang muncul tidak sama dengan ukuran kertas F4 yang saya beli, jadi bagai mana merubah settinganya biar sesuai ? “. Setelah saya telaah pertanyaan dari teman tersebut barulah saya tahu apa magsud pertanyaanya.

Memang saya sendiri juga tidak tahu mengapa ukuran kertas letter di Microsoft word itu tidak berukuran 21.5 cm dan 33 cm, mungkin juga karena ukuran kertas di luar negeri dan di Negara kita berbeda, tapi saya juga tidak tahu dengan pasti. Dari pada bingung – bingung mikirin hal tersebut mending kita langsung pada pokok pembahasanya saja ya.
Langkah yang dilakukan pertama kali sama dengan pembahasan yang pertama , klik menu page layout- size - more paper size ( yang terletak di bawah sendiri )












Kemudian akan muncul menu seperti ini :












Untuk mengganti ukuran F4 ( lebar 21,5 cm dan panjang 33 cm ) maka langkah yang dilakukan adalah blog angka 21,59 dan ganti dengan 21,5 lalu blog angka 27,94 cm menjadi 33 cm ( dilakukan dengan cara meng klik anak panah ke atas / ke bawah yang ada di samping juga bisa ), lalu klik kotak ok. Seperti gambar diatas yang di tandai dengan kotak merah.

Maka jadilah ukuran kertas yang sesuai dengan kertas F4 yang kita miliki. Mudah kan ?
( sekedar informasi : ukuran kertas A4 yang sering kita jumpai adalah berukuran panjang 29,7 cm dan lebar 21,5 cm ) coba cek di sampul bungkus kertas jika kita membeli 1 rim, pasti ukuranya seperti itu untuk menjadi patokan agar hasil ketikan sesuia dengan ukuran kertas jika nantinya mau di print.