Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mengedit / membenahi kesalahan mengetik huruf besar kecil

Terkadang ketika kita mengetik banyak penulisan yang kurang benar. Sebagai contoh ketika kita dalam sebuah paragraph di tengah – tengah kata kita tidak sengaja menulisnya dengan huruf besar yang seharusnya huruf kecil. Sebagai contoh :

Ibu budi menanam sayur di peKArangan dekat kolam ikan.

Dalam contoh diatas terdapat kesalahan mengetik kata pekarangan yang seharusnya huruf k dan a nya huruf kecil ( yang di tandai dengan warna merah).
Namun kabanyakan orang dalam melakukan pembenahan / editing harus menghapus kata yang sudah kita ketik tersebut, dan bahkan saya pernah melihat teman kantor melakukan pembenahan dengan menghapus  semua kata dari ahir kursor sampai kata yang mau di edit tersebut.
Saya sangat menyayangkan jika melakukan hal tersebut, karena kita sudah capek – capek mengetik kok harus menghapunya lagi hanya sekedar untuk mengedit saja. Karena ternyata ada cara praktis yang sudah di fasilitaskan ms word untuk melakukan editing seperti tersebut tanpa harus menghapus dengan tombol Backspace.
Mari kita belajar bersama untuk melakukan editing tersebut.
gamabar dari contoh diatas:

jika ditengah-tengah kita mengetik ada kesalahan atau tidak sengaja menulis huruf besar di tengah-tengah paragraf, tidak perlu menggunakan tombol backspace untuk menghapus kembali hanya sekedar membenahi.


langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengeblog kata yang akan di edit tersebut seperti gambar di bawah ini :


kemudian klik menu Home yang terdapat di atas - dan klik menu Change case seperti gambar di bawah ini :


setelah di klik maka akan muncul pilihan - pilihan bentuk penulisan, jika kita akan menjadikan ketikan kita menjadi huruf kecil semua maka kita klik menu lowercase seperti gambar di bawah ini :


dan ahirnya tulisan yang kita ketik salah tadi sudah menjadi benar dan sesuai keinginan kita