Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menulis formula / rumus di microsoft exel

Microsoft Exel adalah salah satu bagian dari Microsoft Office yang berjenia spreadsheet. Perangkat lunak yang satu ini banyak dipakai untuk keperluan kebutuhan perkantoran. Microsoft Exel selain mudah juga sangat membantu dalam hal pengolahan baik angka, data statistik serta fitur lainnya.

Microsoft exel memiliki beberapa versi dari mulai awal dibentuknya sampai dengan tahun 2023 ini. Walaupun terus mengalami peningkatan versi namun untuk fitur - fitur yang dimiiki masih tetap sama namun biasanya akan mengalami peningkatan kualitas.

Untuk menuliskan sebuah formula atau rumus di Microsoft Exel, hal penting yang harus diketahui adalah harus diawali dengan tanda " = " atau sama dengan. Adapun penulisan formula pada aplikasi Microsoft exel dapat melalui 2 cara yaitu cara manual dan cara otomatis. Adapun kedua metode tersebut dapat dilihat pada penjelasan dibawah ini.

1. Penuliasan Formula atau rumus dengan cara manual

Penuliasan manual formula atau rumus di Maplikasi microsoft Exel dengan artian kita memasukkan daa seara satu persatu. Setelah semua data selesai dimasukkan selanjutnya kita akan mengetikkan tanda sama dengan " = " untuk selanjutnya diikuti dengan mengetikkan rumus atau formula yang diinginkan.

2. Penulisan Formula atau rumus dengan cara otomatis

Meskipun disebut Otomatis, bukan berarti penulisan formula atau rumus secara otomatis. Dengan artian ita harus tetap mengetikkan data dalam sel lembar kerja di Microsoft Exel. Untuk memasukkan rumus atau formula secara otomatis di Microsoft exel, silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

Yang pertama harus dilakukan sama dengan yang dilakukan di cara manual yaitu dengan mengetikkan tanda sama dengan " = " pada sel yang telah ditentukan, seperti contoh di sel A2.

Selanjutnya silahkan  klik pada sel misalnya sel A4 dan perhatikan bahwa sel terpilih akan terseleksi dengan munculnya tanda garis tepi putus-putus.

Kemudian ketik tanda ( + ) pada sel A2 maka garis tepi putus-putus akan berubah menjadi gari biru solid.

Kemudian klik sel selanjutnya yang akan dimasukkan dalam operasi perhitungan. Misalnya A6.

Kemudian ketikkan tanda ( + ) pada sel A6, lakukan berulang-ulang langkah diatas seluruh sel dalam operasi perhitungan masuk ke sel A6.

Setelah selesai lalu klik tombol " Enter " maka hasil operasi hitung akan tampak hasilnya.

Post a Comment for "Menulis formula / rumus di microsoft exel"